Senin, 20 Mei 2013

RUMAH KOMPOS

RUMAH KOMPOS



Yang dimaksud dengan rumah kompos adalah tempat proses pembuatan kompos .
Kita mengenal kompos sebagai pupuk organik yang dapat menyuburkan kembali tanah yang sudah marginal, tandus ,miskin unsur hara .
Dengan pemberian kompos diharapkan akan kembali dapat meyuburkan lahan tersebut , apa sebetulnya kemampuan kompos dalam mengembalikan kesuburan tanah ?
Kompos identik dengan mikro biologi/jasad renik yang terkandung, nah jasad renik yang bagaimana yang terkandung  ?
Petani pada umumnya menganggap kompos itu sama dengan kotoran hewan yang belum terproses dengan benar .
Pada hal sangat jauh perbedaannya kompos yang  sudah terproses dengan benar akan meninggalkan jasad renik yang sangat di butuhkan dalam penguraian, dalam pembenahan strutur, teksture lahan .
Sedangkan kohe (kotoran hewan) yang belum terproses masih banyak mengandung bakteri, virus,benih jamur pathogen, yang sangat merugikan petani secara langsung .
Hal ini banyak kita jumpai mengingat petani kurang informasi dan pengetahuan, serta persoalan biaya yang akan menjadi momok bagi para petani .
Sedangkan produk jadi pun banyak beredar di pasaran dengan harga yang bervariatif , begitu juga kwalitas dari kompos itu sendiri juga beragam ada yang sempurna ada juga terkesan asal-asalan .
Sehingga petani pun banyak yang di buat jerah untuk membeli produk jadi, akhirnya banyak petani yang memanfaat kan kohe segar dari kandang langsung di tebar ke lahan mereka, dengan harapan akan meringankan biaya tanamnya, kenyatan pada perjalanan pertanian mereka banyak timbul kendala .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar